Laporan KBB #4 Chocolate Swirl Meringues




Ini tantangan pertama saya di KBB. Meringue adalah mahluk asing buat saya. Belum pernah nyoba makan apalagi bikin. Itu yang bikin saya rada males bikinnya. Selain itu baca bahasan di milis kok ya kyk yang ribet banget.
Tapi..... setelah kepepet waktu pengumpulan tugas..... saya akhirnya memaksakan diri buat bikin si meringue ini. Ternyata oh ternyata.... dengan mengikuti semua step di resep, gampang banget bikinnya. Saya bikin 1/2 resep dulu krn takut gagal. G nyampe 1/2 jam bikin adonannya. Cuma manggangnya emang lama 1 jam lbh. Tapi g kerasa krn sambil nonton Super Star di Indosiar. Tapi... krn keasikan nonton sampe g denger timer bunyi, jadilah si meringue kematengan. Jadi agak coklat warnanya. Tapi masih enak kok. Semua org di rumah juga pada suka. Malah ibu saya pengen bikin yang kecil2 buat dijadiin kuker.
Untuk kali ini meringuenya saya sajikan dengan BC 2 rasa, mocca & original. Knp pake BC? abis cuma ada itu, g sempet bikin yang lain ...hik...hik.....
Makasih buat host yang dah nyiapin tantangan ini, dengan ini saya jadi kenal sama si meringue.


Ini resepnya

Chocolate Swirl Meringues

Sumber: Taste. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))

Bahan :

  • 4 putih telur
  • 225g gula kastor
  • 1 sdt tepung maizena
  • 1 sdM coklat bubuk
  • thickened cream untuk sajian


Cara Buat :

  • Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja,setting bake). Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkuk menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal. Aduk pakai sendok kayu (saya aduk pake spiral wisk kecil) hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu angkat dari kompor.
  • Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit sampai betul2 kental, putih dan mengkilap. Masukkan tepung maizena. Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok metal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.
  • Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag-ab) ke atas loyang 6 buah (saya pake cetakan silikon ).
  • Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buah meringue kecil-ab) (yang punya saya 1/2 resep dapet 8 biji ukuran sedang. Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C (yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit (tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab). Matikan oven dan tinggalkan meringe di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.

Comments

Unknown said…
sip sip siiiiiiiip! luluuuuuuuus! hehehe sukses ya!

makasih udah komitmen dan posting tepat waktu. keep up the good work!

cheers,
ab
ezza's said…
wah dah bikin juga.
sukses bikinnya ya..
Sarifatmi said…
Alhamdulillah ternyata lulus juga biarpun meringue-nya kematengan n dg topping seadanya. Makasih Mba Arfi & Mba Ezza
Widya Hidayat said…
Sama mba, klo ga ada KBB, mungkin Widya juga ga pernah tau cara bikin Mereng ini, hehehe...
Salam KBBers ^_^
Anonymous said…
Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Câmera Digital, I hope you enjoy. The address is http://camera-fotografica-digital.blogspot.com. A hug.

Popular Posts